18 Jenis-Jenis Kertas & Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak jenis-jenis kertas yang dijual dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Kertas memang salah satu benda yang tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia.

Kertas memang memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti untuk percetakan, kemasan produk, hingga industri tertentu.

Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jenis kertas di luar sana? Jadi, tidak hanya HVS saja karena masih ada jenis kertas lainnya yang mungkin baru saja Anda dengar.

Di bawah ini akan dibahas jenis-jenis kertas lengkap dengan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Kertas Lengkap dengan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengetahui jenis kertas dan kegunaannya sangat penting karena kertas memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya saja ketika Anda ingin mencetak foto, maka hanya boleh melakukannya di kertas foto, untuk hasil yang terbaik.

Berikut sudah kami rangkum 18 jenis kertas lengkap dan kegunaannya dalam keseharian kita:

Jenis Kertas: HVS, NCR, Art Paper dan Art Cartoon

18 Jenis-Jenis Kertas & Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

1. HVS

Siapa yang tidak tahu dengan kertas HVS? Kertas ini memang salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan dalam berbagai industri, mulai dari perkantoran, percetakan, pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi.

Hampir setiap orang mengetahui seperti apa kertas HVS. Pasalnya, mulai sekolah sampai perkantoran biasa menggunakan kertas ini untuk berbagai macam keperluan.

Ciri-ciri umum dari kertas HVS adalah memiliki warna putih, dengan permukaan yang kasar, serta memiliki ketebalan hingga 70-80 gsm.

Biasanya, HVS digunakan untuk mencetak dokumen (kertas printer), fotokopi, keperluan surat hingga keperluan kantor.

Jenis-jenis kertas HVS sendiri ada banyak, seperti:

  • A5
  • B5
  • A4
  • Letter
  • F4
  • A3

2. NCR

Berikutnya ada NCR (No Carbon Required), jenis kertas yang dirancang untuk mentransfer informasi di bagian depan kertas ke bagian belakang. Biasanya, kertas ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti kwitansi dan bukti-bukti transaksi lainnya.

3. Art Paper

Art Paper termasuk jenis kertas percetakan yang memiliki permukaan halus dan berkilau. Biasanya, kertas ini digunakan untuk mencetak voucher, flyer, katalog, dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan HVS, Art Paper lebih tebal, biasanya memiliki gramasi mulai dari 120-150 gsm.

4. Art Carton

Sebenarnya Art Carton tidak jauh berbeda dengan Art Paper karena dua jenis kertas ini sama-sama memiliki permukaan yang halus dan berkilau.

Bedanya, Art Carton lebih tebal, dengan ketebalan mencapai 210 gsm, 260 gsm dan 320 gsm. Biasanya, Art Carton digunakan untuk:

  • Kartu Nama
  • Poster
  • Buku Menu
  • Sampul Buku
  • Pamflet
  • Dll.

Jenis Kertas: Matt Paper, BW Cartoon, Linen Jepang, Ivory

18 Jenis-Jenis Kertas & Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Matt Paper

Sekilas kertas ini mirip seperti Art Paper, namun permukaan Matt Paper sama sekali tidak berkilau. Permukaannya cenderung redup yang membuatnya mudah menyerap tinta. Biasanya, Matt Paper digunakan untuk mencetak isi majalah.

6. BW Carton

Jenis-jenis kertas berikutnya adalah BW Carton yang mirip dengan Matt Paper, namun memiliki ketebalan yang lebih banyak.

BW Carton mudah untuk ditulisi/digambari dengan tangan dan biasanya digunakan sebagai kertas untuk poster, sampul buku, kalender, sertifikat, dan lain sebagainya.

7. Linen Jepang

Linen Jepang adalah jenis kertas yang memiliki permukaan dengan karakteristik redup, kasar, serta mudah ditulisi secara manual (dengan tangan).

Kegunaan kertas ini cukup terbatas, biasanya hanya digunakan untuk kertas sertifikat dan undangan.

8. Ivory

Berikutnya ada Ivory, kertas dengan ciri permukaan yang berbeda-beda. Satu sisi memiliki permukaan yang berkilau, sedangkan sisi lainnya redup.

Biasanya, kertas Ivory digunakan sebagai bahan untuk membuat kotak kemasan, karena ketebalannya yang mencapai 210-400 gsm.

Jenis Kertas: Duplek, Fancy, Kraft, Corrugated

18 Jenis-Jenis Kertas & Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari 2

9. Duplex

Sama seperti Ivory, Duplex juga memiliki karakteristik permukaan yang berbeda di kedua sisi, satu berwarna putih sedangkan satu lainnya berwarna abu-abu.

Kegunaannya juga sama, yaitu untuk bahan kotak kemasan karena memiliki ketebalan mulai dari 210 hingga 400 gsm.

10. FancySe

suai namanya, Fancy adalah kertas mahal, karena termasuk salah satu kertas premium. Biasanya, kertas ini digunakan untuk membuat prakarya, kartu ucapan, bahan untuk membuat scrapbook, dan lain sebagainya.

11. Kraft

Apakah Anda pernah menggunakan paper bag? Jika iya, kertas yang digunakan untuk membuat paper bag tersebut adalah Kraft.

Kertas ini memang memiliki ciri-ciri permukaan yang cocok untuk membuat paper bag dengan segala macamnya.

Kraft memiliki ciri permukaan yang kasar, dengan warna yang selalu terlihat redup. Tidak heran jika kertas ini cocok untuk membuat paper bag.

12. Corrugated

Jenis-jenis kertas yang tersedia di pasaran berikutnya adalah Corrugated. Ciri permukaan kertas ini hampir sama dengan kertas Kraft, yaitu kasar dan berwarna redup.

Bedanya, Corrugated memiliki tingkat ketebalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Kraft.

Dengan tingkat ketebalan yang tinggi tersebut, kertas ini sangat cocok sebagai kertas untuk membuat kardus. Ya, kardus memang harus tebal agar bisa melindungi barang-barang yang ada di dalamnya, mulai dari makanan, barang elektronik, dan lain sebagainya.

Jenis Kertas: Jasmine, Yellow Board, Manila

jenis jenis kertas 2

13. Jasmine

Berikutnya ada Jasmine, jenis kertas yang sangat menarik karena memiliki permukaan yang berkilau dengan pilihan warna yang beragam.

Biasanya, kertas Jasmine digunakan untuk membuat undangan, kertas untuk membuat prakarya, dan lain sebagainya.

14. Yellow Board

Yellow Board termasuk jenis-jenis kertas karton yang memiliki ketebalan cukup tinggi.

Karena ketebalannya tersebut, Yellow Board tidak bisa dicetak offset, harus dilapisi dengan Art Paper atau jenis kertas lainnya yang lebih tipis. Biasanya, Yellow Board digunakan untuk:

  • Alas jenis buku nota
  • Tag
  • Rangka kartu undangan
  • Hard cover

15. Manila

Berikutnya ada kertas Manila, jenis kertas yang memiliki karakteristik yang sama dengan BW Carton. Kertas ini memiliki permukaan dengan warna yang redup, dengan tingkat ketebalan yang cukup tinggi.

Berbeda dengan BW Carton yang tersedia dalam satu warna saja, kertas Manila memiliki banyak warna. Biasanya, kertas Manila digunakan untuk:

  • Prakarya
  • Amplop
  • Map berkas
  • Pola pakaian akhir
  • Dll.

Jenis Kertas: Buffalo, Concorde dan Buram

jejnis jenis kertas 3

16. Buffalo

Kertas Buffalo adalah jenis kertas yang memiliki ciri permukaan kasar, seperti guratan kayu. Selain itu, kertas ini juga memiliki warna yang berbeda-beda, biasanya digunakan untuk prakarya oleh siswa sekolah.

Kertas ini memiliki ketebalan mulai dari 150 hingga 250 gsm, sama dengan BW Carton.

Kertas Buffalo telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti:

  • Produk percetakan (sampul makalah, map perusahaan, paper bag kecil dan lainnya)
  • Bahan untuk membuat prakarya
  • Jilid buku
  • Kerajinan kertas
  • Dll.

17. Concorde

Jenis-jenis kertas berikutnya adalah Concorde yang memiliki permukaan dengan tekstur garis-garis yang sedikit timbul dan tidak beraturan.

Biasanya, kertas ini digunakan untuk menggambar dan untuk mencetak berbagai produk percetakan.

18. Buram

Terakhir ada kertas buram, sesuai dengan namanya kertas ini terlihat buram dan sangat tipis. Tidak heran, kertas buram adalah kertas hasil dari daur ulang.

Kertas buram biasa digunakan sebagai bahan untuk mencetak koran, novel, dan lain sebagainya.

Kesimpulan Jenis-Jenis Kertas

Jenis-jenis kertas di atas sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan telah digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari kebutuhan rumahan hingga industri.

Dengan membaca artikel ini, Anda jadi tahu kertas mana yang akan dibeli ketika membutuhkan suatu hal.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply