14 Ide Kerajinan Berbasis Media Campuran yang Mudah

Kerajinan berbasis media campuran sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sulit memang menciptakan kerajinan hanya dengan satu bahan utama saja dan bentuknya pasti cenderung monoton dibanding kerajinan dengan media campuran.

Alasan lain mengapa suatu kerajinan menggunakan bahan lain sebagai campuran agar jumlah bahan yang lain bisa cukup.

Selain itu, masih banyak kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dan penting untuk mengenal satu per satu kerajinan dengan media campuran.

14 Ide Kerajinan Berbasis Media Campuran yang Mudah

1. Kalung

kerajinan berbasis media campuran kalung

Media campuran bisa menghasilkan kerajinan berupa kalung yang menggunakan manik-manik. Biasanya, kerajinan ini juga ditambahkan dengan bahan lain, yakni tali sebagai pengaitnya. Kalung ini bisa diciptakan dengan lebih menarik dan kreatif.

Ada beberapa bahan campuran yang bisa digunakan dalam pembuatan kalung, yakni kerang, batu, pecahan batok kelapa dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih bahan campuran yang cocok dan lebih mudah dijumpai agar tidak menyulitkan proses pembuatan kalung.

2. Patung

kerajinan berbasis media campuran patung

Kerajinan lain yang terbuat dari media campuran adalah patung yang biasa terbuat dari batu berukuran besar kemudian dipahat.

Selain batu, tanah liat juga sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan patung dengan cara membentuknya sedemikian rupa.

Tidak banyak batu dan tanah liat sebagai bahan utamanya, pembuatan patung juga melibatkan bahan lain seperti kayu atau jenis batu lainnya.

Penggunaan media campuran ini bermanfaat untuk menghemat bahan lain yang jumlahnya terbatas.

3. Wayang

kerajinan berbasis media campuran wayang

Bagi orang Jawa, pasti sudah familiar dengan kerajinan berupa wayang, termasuk wayang golek. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan wayang golek adalah kayu dan nantinya akan dipadukan dengan kain sebagai dasar pembuatannya.

Selain kayu, masih banyak varian bahan lain yang sering digunakan, seperti plastik, rambut sintetis dan lain sebagainya. Semua bahan ini dipadukan hingga menghasilkan wayang golek yang menarik.

4. Tas Anyaman

kerajinan berbasis media campuran tas anyam

Bahan utama yang paling mendominasi dalam pembuatan tas anyaman adalah plastik atau rotan. Meski begitu, tas anyaman termasuk salah satu kerajinan dengan media campuran jadi ada bahan lain yang digunakan agar tas anyaman makin bermanfaat tapi juga estetik.

Bagian dalam tas anyaman pasti dilapisi kain agar barang di dalamnya tidak bersentuhan langsung dengan bahan utamanya.

Termasuk sebagai kerajinan serat tumbuhan, permukaan rotan ini biasanya akan dilapisi pewarna kayu agar lebih halus. Adapun logam juga sering digunakan dalam pembuatan tas ini sebagai penutup.

5. Ontel Kayu

kerajinan berbasis media campuran ontel kayu

Dibandingkan sepeda ontel biasa, pembuatan ontel kayu melibatkan proses yang jauh lebih rumit. Untuk mendapatkan nilai jual ontel kayu yang jauh lebih tinggi, maka dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam setiap tahapan pembuatannya.Sepe

rti namanya, ontel ini terbuat dari bahan utama berupa kayu yang dihaluskan lalu dicat. Selain itu, dibutuhkan bahan campuran lain untuk melengkapi bagian dari ontel kayu ini, seperti bahan karet untuk spons berlapis kain sebagai tempat duduk dan untuk ban.

6. Gantungan Kunci

kerajinan berbasis media campuran gantungan kunci

Ide kreatif lain yang bisa Anda buat dari media campuran adalah gantungan kunci. Ada berbagai macam bahan tambahan yang biasa digunakan dalam pembuatan gantungan kunci, seperti kombinasi antara logam dan pewarna.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan kain flanel sebagai bahan dasarnya dan kemudian mengkaitkan bahan tersebut dengan logam gantungan kunci. Masih banyak bahan lainnya, seperti manik-manik untuk mempercantik gantungan kunci.

7. Jepitan Rambut

kerajinan berbasis media campuran jepitan rambut

Bahan campuran yang digunakan dalam pembuatan jepit rambut punya kemiripan. Anda butuh pengait sebagai bahan dasar membuat jepit serta dibutuhkan logam atau karet yang nantinya dihubungkan dengan pengait tersebut.

Sebagai hiasan, Anda bisa memanfaatkan kain flanel yang direkatkan lem agar lebih cantik. Pengait bros biasanya lebih bersifat sederhana dengan bahan pengait peniti yang terbuat dari logam.

8. Rumah Keong

kerajinan berbasis media campuran rumah keong

Contoh kerajinan berbasis media campuran lainnya adalah rumah keong yang sering dijual di pinggir jalan.

Bahan utama pembuatan rumah keong adalah gabus dan spons yang mudah dibentuk dan diwarnai dengan teknik dusel ataupun flat sedemikian rupa agar menyerupai interior dalam rumah.

Sayangnya, kedua bahan ini memiliki tekstur yang cenderung rapuh atau tidak kokoh sehingga membutuhkan penyangga.

Tiang penyangga ini nantinya disambungkan dengan bahan karet sehingga rumah keong tidak mudah rusak.

9. Vas Bunga

kerajinan berbasis media campuran vas bunga

Sebenarnya, ada beberapa bahan dasar yang paling sering digunakan dalam pembuatan vas bunga, seperti tanah liat.

Keramik juga menjadi pilihan yang tepat untuk membuat vas bunga lebih mulus dan menarik pada permukaannya.

Sayangnya, penggunaan kedua bahan tersebut kurang menciptakan bentuk yang menarik karena monoton. Oleh karena itu, banyak pengrajin vas bunga yang menggunakan media campuran agar vas bunga terlihat lebih cantik, misalnya penggunaan rotan di sekelilingnya.

10. Terompah

kerajinan berbasis media campuran terompah

Bahan utama yang sering digunakan dalam pembuatan terompah adalah kayu sebagai pembeda dari sandal. Untuk mempercantik tampilan terompah, pembuatannya dipadukan dengan bahan lain, seperti kain atau karet untuk selop penutupnya.

Anda bisa menambahkan hiasan lain pada karet penutup, seperti manik-manik sehingga nilai estetika terompah makin tinggi.

Dalam aktivitas sehari-hari, kerajinan berbasis media campuran berupa terompah ini memang sering dijumpai sebagai karya seni terapan.

11. Bingkai Foto

kerajinan berbasis media campuran bingkai foto

Logam, kerang dan kardus menjadi bahan serta media campuran yang paling sering dimanfaatkan dalam pembuatan bingkai foto yang melibatkan pemotongan bahan sesuai ukuran. Setelah itu, bahan dibaluri lem agar kerang bisa menempel sebagai hiasan.

Pengrajin yang tinggal di kawasan pantai pasti lebih mudah untuk mendapatkan kerang sebagai salah satu media campuran.

Bingkai foto yang biasa di jual di toko biasanya terbuat dari media campuran logam sebagai bingkainya agar lebih ringan.

12. Tirai Hias

kerajinan berbasis media campuran tirai hias

Ide kerajinan dengan bahan campuran lain yang bisa Anda buat adalah tirai hias dimana batu dan kerang sering dijadikan bahan karena lebih menarik dan punya permukaan halus. Anda bisa menggunakan tirai ini untuk partisi sebuah ruang atau penutup kamar.

Pembuatan tirai membutuhkan bahan campuran, seperti kerang dan batu dengan benang kuat. Kerang atau batu tersebut nantinya akan disusun dalam benang hingga memiliki panjang seukuran kamar.

13. Senjata

kerajinan berbasis media campuran keris

Di Indonesia mengenal berbagai jenis senjata yang sering digunakan sejak zaman dulu, seperti keris. Kayu dan logam menjadi bahan utama pembuatan keris, namun ada bahan lain yang digunakan sebagai hiasan, yakni bahan batu alam.

Keris dan kujang merupakan senjata zaman dahulu di mana sekarang banyak orang yang memanfaatkan kedua senjata tersebut sebagai pajangan koleksi atau hiasan saja. Hanya masyarakat yang masih percaya dengan keris yang mengkoleksinya.

14. Sandal

kerajinan berbasis media campuran sandal

Sandal juga menjadi salah satu kerajinan yang menggunakan media campuran. Bahan-bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan sandal adalah kulit dan kayu, karet, plastik, bambu dan kain serta hiasan untuk mempercantiknya, seperti batu alam dan sedikit logam.

Kesimpulan Kerajinan Berbasis Media Campuran

Bagi Anda yang ingin membuat kerajinan berbasis media campuran, maka jangan lupa untuk mempersiapkan bahan yang dibutuhkan.

Selain itu, penggunaan setiap bahan harus berdasarkan fungsi, ketersediaan dan tambahan nilai estetik pada suatu produk.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply