7 Daftar Kode Pos Duren Sawit Jakarta Timur (Semua Kelurahan/Desa)

Kode Pos Duren Sawit Duren Sawit adalah kecamatan yang berada di Kota Jakarta Timur. Kecamatan ini memiliki 7 kelurahan, yaitu Pondok Bambu, Pondok Kopi, Pondok Kelapa, Klender, Duren Sawit, Malaka Jaya dan Malaka Sari.

Anda bisa cek kode pos duren sawit Jakarta Timur pada pembahasan ini.

Sebelumnya, sudahkah Anda memahami pengertian kode pos? Kode ini merupakan deretan angka yang digunakan sebagai penanda suatu daerah.

Jadi, setiap daerah memiliki angka yang berbeda. Tanpa basa basi lagi, mari simak pembahasan berikut.

Sejarah Penggunaan Kode Pos

Kode pos Indonesia terdiri dari 5 angka yang menandai suatu daerah, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan di suatu negara.

Awalnya, kode pos digunakan di Jerman pada tahun 1941. Kala itu kode ini berfungsi untuk meringankan pekerjaan di kantor pos.

Digunakan untuk membantu memilah alamat surat maupun benda kiriman. Sekitar 18 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1959, Inggris memutuskan untuk menggunakan kode pos juga.

Baru pada tahun 1963, Amerika Serikat mengikuti langkah kedua negara tersebut.

Seiring waktu kode pos semakin populer dan hingga saat ini hampir sebagian besar negara di dunia menerapkan kode pos untuk membantu pengiriman.

Daftar Kode Pos Duren Sawit Semua Wilayah

Sebutan Duren Sawit diambil dari sejarah wilayah ini. Berdasarkan informasi, dahulu ada hamparan perkebunan pohon sawit dan pohon durian yang cukup luas.

Dari situ kecamatan ini dijuluki sebagai Duren Sawit. Bagi yang mencari kode pos wilayah Duren Sawit, silakan cek informasi di bawah ini:

1.     Kode Pos Duren Sawit Pondok Kopi

Pondok Kopi bersebelahan dengan Malaka Jaya dan Pondok Kelapa di bagian barat, Pulo Gebang dan Penggilingan di bagian utara, Pondok Kelapa di bagian selatan, dan berbatasan langsung dengan Bekasi Barat di bagian timur. Adapun kode pos wilayah ini yaitu:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitPondok Kopi13460

2.     Kode Pos Duren Sawit Klender

Mall Ciplaz Klender merupakan mal di Klender yang terkenal akan latar belakangnya. Mal yang dahulunya bernama Yogya Department Store ini menjadi saksi bisu pada Kerusuhan Mei 1998. Terlepas dari itu, berikut adalah kode pos Klender:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitKlender13470

3.     Kode Pos Duren Sawit Pondok Bambu

Kelurahan ini berada di sebelah utara Klender, sebelah selatan Cipinang Melayu, sebelah barat Cipinang Muara dan sebelah timur Duren Sawit. Apabila Anda membutuhkan kode pos Pondok Bambu, cek tabel berikut:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitPondok Bambu13430

4.     Kode Pos Kelurahan Duren Sawit

Duren Sawit menampung kurang lebih 55 ribu penduduk dalam wilayah yang seluas 455,55 ha km2. Kelurahan dengan nama yang sama dengan kecamatan Duren Sawit ini memiliki kode pos sebagai berikut:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitDuren Sawit13440

5.     Kode Pos Duren Sawit Pondok Kelapa

Kelurahan yang berada di kecamatan Duren Sawit ini dikelilingi kelurahan Duren Sawit, Malaka Sari, Malaka Jaya, dan Pondok Kopi dari segala sisi. Adapun kode pos Pondok Kelapa yakni:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitPondok Kelapa13450

6.     Kode Pos Kecamatan Duren Sawit Malaka Jaya

Malaka Jaya merupakan kelurahan yang terbentuk dari hasil pemekaran kelurahan Malaka pada tahun 1997. Di bawah ini adalah kode pos Malaka Jaya:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitMalaka Jaya13460

7.     Kode Pos Duren Sawit Malaka Sari

Pada pemekaran kelurahan Malaka di tahun 1997, Malaka Saru dan Malaka Jaya terbentuk menjadi kelurahan baru. Kode pos Malaka Sari sendiri dapat dilihat pada tabel berikut:

KabupatenKecamatanKelurahanKode Pos
Jakarta TimurDuren SawitMalaka Sari13460

Tentang Kecamatan Duren Sawit

Inilah beberapa fakta tentang kecamatan Duren Sawit:

  • Duren Sawit baru terbentuk pada tahun 1990-an dari pemekaran kecamatan Jatinegara.
  • Pernah menjadi bagian dari kecamatan Jatinegara.
  • Berada di kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.
  • Saat ini memiliki 7 kelurahan.
  • Luas wilayah kecamatan Duren Sawit mencapai 22,80 km².

Lokasi Geografis Duren Sawit

Kecamatan yang terdiri dari 318 ribu ini memiliki letak geografis sebagai berikut:

  • Sebelah utara: Kecamatan Cakung
  • Sebelah selatan: Kecamatan Makasar
  • Sebelah barat: Kecamatan Jatinegara
  • Sebelah timur: Kecamatan Bekasi Barat

Sistem Kode Pos Indonesia

Kode pos Duren Sawit Indonesia tersusun atas 5 angka. Masing-masing angka memiliki makna tertentu, seperti di bawah ini:

  • Angka pertama: Mewakili kode wilayah
  • Angka kedua dan ketiga: Mewakili kode kotamadya/kabupaten
  • Angka keempat: Mewakili kode kecamatan
  • Angka kelima: Mewakili kode kelurahan

4 Jenis Kode Pos

Tahukah Anda bahwa kode pos digolongkan menjadi 4 jenis? Di antaranya kode pos unik, kode pos khusus, kode pos militer dan kode pos standar. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya:

  • Kode pos unik: Umumnya digunakan oleh kantor pusat, kantor besar, lembaga pemerintahan dan lain-lain.
  • Kode pos khusus: Nama lainnya adalah PO Box. Kode ini biasanya digunakan agar seseorang tetap bisa menerima paket tanpa menggunakan alamat asli. Sehingga dapat menjaga privasi.
  • Kode pos militer: Digunakan untuk menandai basis militer yang dikenal bersifat nomaden alias terus berpindah-pindah.
  • Kode pos standar: Kode ini merupakan kode yang paling umum dan digunakan untuk mengirimkan barang atau surat. Kode pos yang dijelaskan di atas masuk ke golongan ini.

5 Macam Fungsi Kode Pos

Fungsi kode pos tidak hanya untuk membantu petugas kantor pos dalam menyortir dan mengirimkan paket. Beberapa fungsi lain dari kode pos di antaranya:

1.     Memudahkan Kantor Pos dalam Mendata Paket

Kode pos menjadi kode penanda suatu wilayah. Dengan begitu, petugas kantor pos dapat mengelompokkan barang berdasarkan wilayah tujuan tanpa ribet.

2.     Menunjukkan Wilayah Tujuan Pengiriman Secara Pasti

Deretan angka pada kode pos Duren Sawit mewakili wilayah tujuan secara pasti dan detail, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga kelurahan. Ini memudahkan petugas kantor pos dalam mengetahui kemana barang akan dikirim.

3.     Meningkatkan Efektivitas Waktu dan Pekerjaan

Pekerjaan di kantor pos bisa dibilang cukup menguras waktu. Berkat adanya kode pos, pekerjaan sortir barang dapat menjadi efisien dan tidak banyak memakan waktu. Jadi, barang mudah dikelompokkan sesuai kode pos.

4.     Mengurangi Risiko Salah Alamat

Kode pos dapat membantu mengurangi risiko salah alamat akibat salah penulisan. Dengan begitu, barang dapat benar-benar sampai di tangan penerima yang tepat.

5.     Menunjukkan Estimasi Biaya Pengiriman ke Wilayah Tujuan

Selain yang disebutkan di atas, kode pos juga bisa menunjukkan estimasi biaya pengiriman. Sebab dengan kode pos, petugas kantor bisa tahu wilayah tujuan barang beserta jarak tempuhnya.

Kesimpulan Kode Pos Duren Sawit

Itulah informasi tentang kode pos Duren Sawit kota Jakarta Timur dari semua kelurahan. Jadi, pastikan gunakan kode pos yang tepat agar pengiriman barang tidak terhambat.

Dengan begitu, risiko pengiriman tidak sampai karena salah alamat bisa diminimalisasi.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply