Macam-Macam Tang dan Fungsinya Lengkap!

Macam-Macam Tang dan Fungsinya Tang adalah alat dengan banyak fungsi, misalnya untuk memegang, memutar, melonggarkan, mencabut hingga memotong.

Apa artinya? Artinya, ada banyak macam-macam tang dan fungsinya yang berbeda-beda, contohnya saja tang kombinasi, tang potong dan lain sebagainya.

Terkadang, tang juga disebut dengan gegep. Penyebutan ini bisa saja berbeda-beda tergantung kebiasaan pada sebuah daerah.

Alat ini selalu terbuat dari besi dan baja, serta dilapisi dengan karet keras agar tidak licin serta melindungi tangan dari lecet.

Macam-Macam Tang dan Fungsinya

Tang memiliki bentuk dan jenis yang bermacam-macam, yang secara penggunaan dapat dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  • Tang pemotong (cutting pliers).
  • Tang penjepit (clamp pliers).
  • Tang pengunci (clocking pliers).

Berikut bisa Anda simak penjelasan tentang jenis-jenis tang dan fungsinya:

1. Tang Kombinasi (Linesman)

macam-macam-tang-Tang-Kombinasi

Pertama ada tang kombinasi (linesman), jenis tang dengan fungsi yang cukup banyak. Ya, Anda bisa menggunakan tang untuk untuk berbagai kebutuhan, seperti memotong, memegang dan membengkokkan benda seperti mur, baut dan lain sebagainya.

Tang ini memiliki 2 bagian, yaitu:

  • Ujung tang berfungsi untuk memotong kabel, kawat dan fiber tipis.
  • Tengah tang (berbentuk oval bergerigi) berfungsi untuk memutar dan menjepit benda seperti mur dan baut.

Fungsi tang kombinasi yang banyak ini membuatnya wajib dimiliki oleh setiap rumah. Di Indonesia sendiri, tang kombinasi biasanya memiliki warna hitam, dengan gagang berwarna merah.

2. Tang Potong (Diagonal)

macam-macam-tang-Tang-Potong

Berikutnya ada tang potong (diagonal), tang dengan rahang tajam yang berfungsi untuk memotong benda seperti kawat, kabel, tali, dan lain sebagainya.

Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasi, namun dengan scope yang lebih kecil.

3. Tang Lancip/Tang Cucut (Long Nose)

macam macam tang cucut

Sesuai namanya, tang ini memiliki ujung yang lancip layaknya ikan cucut, dengan bentuk yang pipih dan memanjang.

Tang ini berfungsi untuk menjepit kawat atau kabel, yang biasanya berukuran kecil dan sulit dilakukan dengan jenis tang lainnya.

Tidak hanya itu, tang ini juga memiliki fungsi lain, misalnya untuk membuka tutup benda yang sulit atau terhalang sesuatu. Dengan tang yang tepat dan sesuai fungsinya, semua pekerjaan bisa Anda selesaikan dengan mudah.

4. Tang Rivet

macam macam tang rivet

Berikutnya ada tang rivet, tang yang digunakan sebagai alat untuk instalasi. Berbeda dengan tang lainnya, tang rivet hanya digunakan untuk kebutuhan yang spesifik, yaitu untuk memasang paku rivet atau paku keling.

Biasanya, paku rivet digunakan untuk menyambung dua pelat besi, yang butuh alat khusus untuk melakukannya, yaitu dengan tang rivet. Sambungan paku rivet adalah permanen, jadi harus cermat ketika melakukan instalasi.

5. Tang Snap Ring/SPI

macam macam tang snap ring

Tang snap ring/SPI adalah tang yang berfungsi untuk menjepit circlip (snap ring) di dalam sebuah mesin. Biasanya, jenis tang ini digunakan dalam hal perbengkelan, jadi pemilik bengkel wajib hukumnya untuk memiliki tang tersebut.

Ada dua jenis tang snap ring, yang ujungnya bengkok dan ujungnya lurus. Namanya juga bermacam-macam, ada yang menyebutnya tang sirklip, tang SPI dan tang circlip.

Biasanya, tang ini dijual di pasaran dalam 2 model, tang lurus buka/tutup dan tang bengkok buka/tutup.

6. Tang Catut Kakatua

macam macam tang catut kakaktua

Bentuknya memang mirip dengan paruh burung kakaktua. Sering digunakan untuk mencabut paku maupun memotong kawat.

Selain itu, tang ini juga bisa digunakan untuk memotong kabel, kawat dan benda lainnya yang berukuran kecil.

7. Tang Buaya

macam macam tang buaya

Tang buaya juga disebut dengan tang penjepit, yang diciptakan pada tahun 1924. Ada banyak modelnya, salah satunya adalah yang mirip dengan buaya.

Fungsi tang buaya ini adalah untuk mencengkram atau memegang komponen yang ingin dibuka dan mengencangkan/melonggarkan baut dan mur.

8. Tang Burung

macam macam tang burung

Macam-macam tang dan fungsinya yang akan dibahas berikutnya adalah tang burung. Kenapa disebut dengan tang burung?

Ya karena bentuk pengungkitnya yang sedikit banyak mirip dengan paruh burung. Tang ini memiliki pengungkit yang panjang serta daya cengkram yang kuat.

Tang ini berfungsi untuk mencengkeram benda-benda yang berukuran besar karena ukuran rahangnya yang besar. Biasanya, tang burung sering digunakan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan perpipaan.

9. Tang Slip Joint

macam macam tang slip joint

Berikutnya ada tang slip joint, tang standar pada kendaraan roda dua dan empat yang biasa didapatkan ketika membeli mobil atau motor baru.

Fungsinya adalah untuk memutar dan menggenggam benda seperti mur dan baut. Memang sama dengan tang kombinasi, namun dengan bentuk dan kegunaan yang simpel.

10. Tang Potong Kabel (Wire Stripper)

macam macam tang Potong Kabel (Wire Stripper)

Jenis-jenis tang berikutnya adalah tang potong kabel yang berfungsi untuk memotong dan mengupas kabel. Tang ini memiliki tujuh bagian bergerigi, tempat untuk memasukkan kabel untuk kemudian ditekan dan diputar guna memotong atau mengupas kabel tersebut.

11. Tang Press Hidrolik

macam macam Tang Press Hidrolik

Biasanya, tang press hidrolik digunakan oleh mekanik, yaitu mereka yang ahli dalam bidang elektronik dan kelistrikan. Apa fungsinya? Tang ini memiliki fungsi untuk menyambungkan kabel dengan sepatu kabel atau skun.

Tang press hidrolik lebih mudah dan hemat tenaga karena sudah ada pompa di dalamnya yang berfungsi untuk menekan skun sehingga tersambung dengan kabel.

Mekanik listrik menggunakan tang ini untuk menyambungkan kabel ukuran besar atau listrik tegangan tinggi.

12. Tang Press Manual

macam macam atang press manual

Tang press manual memiliki fungsi yang sama dengan tang press hidrolik, yaitu untuk menyambungkan kabel dengan cable lug.

Bedanya hanya caranya saja yang manual, yaitu menggunakan kekuatan tangan untuk menekan, bukan pompa.

Karena manual, tentu penggunaan tang ini tidak sama dengan hidrolik. Tang ini tidak bisa (tidak disarankan) untuk menyambungkan kabel besar atau yang memiliki tegangan tinggi. Jadi, hanya untuk menyambungkan kabel kecil saja, dengan tegangan rendah.

13. Tang Krone

macam macam Tang Krone

Macam-macam tang dan fungsinya berikutnya adalah tang krone yang berguna untuk menyambungkan kabel. Lebih spesifik, tang ini berfungsi untuk menyambungkan kabel telepon di terminal LSA telepon.

Karenanya, tang ini wajib dimiliki oleh teknisi telepon untuk memudahkan pekerjaan mereka.

14. Tang Pembulat

macam macam tang pembulat

Disebut juga dengan tang pelintir, biasanya digunakan untuk membuat manik-manik dan aksesoris lainnya. Tang ini berfungsi untuk membengkokkan, menjepit dan melengkungkan benda, seperti kawat kecil yang biasa digunakan untuk membuat aksesoris.

Tang ini memiliki ujung yang kecil dan lancip sehingga pengguna bisa dengan mudah membuat aksesoris yang dia inginkan.

Bentuknya juga minimalis, terasa kecil di genggaman yang tentunya akan lebih memudahkan untuk mengoperasikannya.

15. Tang Ampere

macam macam tang ampere

Sebenarnya, bukan jenis tentang seperti tang-tang di atas, setidaknya dari segi fungsi. Tang ini berguna untuk mengukur arus listrik yang biasa digunakan pada dunia kelistrikan.

Dengan alat ini, Anda bisa tahu alus listrik yang mengalir pada kabel, tanpa harus mematikan/melepas arus listrik terlebih dahulu.

Kesimpulan Macam-Macam Tang

Penjelasan macam-macam tang dan fungsinya di atas membuat Anda bisa tahu tang mana yang harus Anda beli. Ada banyak jenis tang dengan fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan membeli tang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply