Kumpulan Sketsa Gambar Masjid Lengkap dan Terbaru

Sketsa Gambar Masjid Masjid adalah salah satu objek gambar yang sering dipilih oleh anak-anak untuk berkreasi. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim.

Lalu, bagaimana cara membuat sketsa gambar masjid yang tepat?

Agar bisa menggambar dengan tepat, maka kamu perlu memperhatikan setiap detail ornamen pada masjid.

Mengingat, tempat ibadah ini tidak hanya memiliki pintu, atap, dan tembok saja, tetapi juga jendela, lantai, menara, dan berbagai ornamen lainnya.

Sketsa Gambar Masjid untuk Lomba Mewarnai

  • Gambar Masjid untuk Lomba Mewarnai I

Sketsa Gambar Masjid untuk Lomba Mewarnai

Bagi kamu yang sedang mencari gambar masjid untuk lomba mewarnai, maka gambar di atas bisa dijadikan opsi terbaik untuk kamu gunakan.

Pasalnya, gambar di atas terdiri dari susunan bangun datar seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, segitiga, dan balok.

Selain mudah digambar, sketsa masjid di atas juga mudah diwarnai karena bentuknya yang besar. Dengan begitu, maka akan memudahkan dalam proses pewarnaan agar tidak tergores ke luar garis.

  • Gambar Masjid untuk Lomba Mewarnai II

Sketsa Gambar Masjid untuk Lomba Mewarnai

Gambar masjid yang kedua tidak kalah simpel dengan gambar yang sebelumnya. Hanya saja, masjid pada sketsa ini dibuat bertingkat.

Jika kamu ingin menjadikan gambar ini untuk bahan lomba mewarnai, maka itu tidak masalah karena polanya tidak rumit.

Kamu perlu fokus saat mewarnai bagian lambang bulan dan bintang dan juga ventilasinya agar tidak tergores ke mana-mana.

Sketsa Gambar Masjid 3D

  • Gambar Masjid 3D I

Sketsa Gambar Masjid 3D

Gambar masjid 3D di atas dibuat dalam bentuk lanskap atau vertikal, sehingga nampak lebar dan tingginya terbatas.

Agar bisa menggambar teknik 3D, maka diperlukan pemahaman terkait teknik menggaris, membentuk, dan mengarsir.

  • Gambar Masjid 3D II

Sketsa Gambar Masjid 3D 2

Sketsa masjid 3D yang selanjutnya tidak kalah keren dengan gambar masjid sebelumnya. Jika diamati gambar ini memang lebih rumit karena bangunan masjid dibuat beberapa tingkat.

Apalagi, arsitektur yang diterapkan juga cukup megah, sehingga perlu konsentrasi mendalam untuk bisa membuat sketsa masjid seperti gambar di atas.

Sketsa Gambar Masjid Sederhana

  • Gambar Masjid Sederhana I

Sketsa Gambar Masjid Sederhana

Membuat sketsa masjid memang tidak perlu dibuat rumit, sehingga kamu tidak perlu terlalu sering menghapusnya agar tidak meninggalkan bekas goresan.

Gambar masjid sederhana masih tetap relevan untuk dijadikan bahan pembelajaran dalam membuat karya seni.

Seperti halnya gambar di atas yang tidak sulit untuk dibuat. Kamu hanya perlu memberi perhatian khusus pada teknik menggaris agar setiap sisinya terlihat rapi.

  • Gambar Masjid Sederhana II

Sketsa Gambar Masjid Sederhana 2

Jika kamu bosan dengan gambar masjid yang kubahnya berbentuk setengah lingkaran, maka kamu bisa beralih untuk membuat sketsa berbentuk masjid yang kubahnya berbentuk segitiga.

Cara menggambarnya tidak sulit karena masih mengedepankan teknik menggaris. Sketsa ini cocok digambar oleh anak SD yang baru belajar bangun ruang.

Sketsa Gambar Masjid yang Mudah

  • Gambar Masjid yang Mudah I

Sketsa Gambar Masjid yang Mudah

Gambar masjid memang lebih terlihat indah jika terdapat menara di sisi kiri dan kanannya. Seperti halnya sketsa masjid di atas yang menampilkan dua menara masjid yang menjulang.

Meskipun terlihat indah, namun gambar ini tetap mudah dibuat. Kamu hanya perlu memberi perhatian yang lebih pada bagian tepi garis bangunan yang dibuat lebih tebal dari garis di bagian dalam.

  • Gambar Masjid yang Mudah II

Sketsa Gambar Masjid yang Mudah

Masih mengedepankan teknik menggaris, sketsa masjid di atas pastinya tidak sulit untuk dibuat oleh anak-anak.

Ada banyak bentuk persegi dan persegi panjang yang digunakan dalam menyusun sketsa masjid ini. Pastinya, kamu tidak perlu bingung karena gambar di atas benar-benar simpel untuk dipraktikkan.

Sketsa Gambar Masjid Berwarna

  • Gambar Masjid Berwarna I

Sketsa Gambar Masjid Berwarna

Jika kamu mendambakan cara menggambar yang lebih menantang, maka sketsa masjid di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Sketsa masjid tersebut berbentuk 3D dengan tampilan warna yang lembut dan saling berpadu. Agar bisa membuat warna yang realistis, kamu perlu menerapkan teknik gradasi.

  • Gambar Masjid Berwarna II

Sketsa Gambar Masjid Berwarna

Masih dengan gambar sketsa masjid berwarna, kamu bisa mencontoh gambar di atas untuk menciptakan sketsa yang colorfull. Terlihat bahwa warna kuning mendominasi pada gambar di atas.

Selain itu, teknik gradasinya juga tidak terlalu mencolok, sehingga tidak perlu melibatkan banyak warna untuk membuatnya.

Sketsa Gambar Masjid Hitam Putih

  • Gambar Masjid Hitam Putih I

Sketsa Gambar Masjid Hitam Putih

Sketsa masjid hitam putih tidak harus selalu mengedepankan teknik arsiran. Pasalnya teknik menghitamkan pola secara menyeluruh dapat dijadikan opsi untuk membuat masjid tampak realistis.

  • Gambar Masjid Hitam Putih II

Sketsa Gambar Masjid Hitam Putih 2

Selain simpel, sketsa masjid di atas tidak membutuhkan teknik yang bangun ruang yang rumit. Jika kamu baru belajar membuat sketsa masjid, maka gambar di atas sangat tepat dijadikan untuk acuan.

Sketsa Gambar Masjid PNG

  • Gambar Masjid PNG I

Sketsa Gambar Masjid PNG

Gambar masjid PNG di atas bisa dijadikan referensi untuk menggambar dalam bentuk yang lebih modern. Jika ingin mengganti warna, maka kamu bisa menggunakan warna yang gelap seperti gambar di atas.

  • Gambar Masjid PNG II

Sketsa Gambar Masjid PNG 2

Gambar masjid di atas sangat ikonik karena terdapat beberapa menara yang menghiasi sisi kanan dan kirinya. Adapun pada badan masjid dibuat gelap karena konsepnya memang demikian.

Sketsa Gambar Masjid untuk Diwarnai

  • Gambar Masjid untuk Diwarnai I

Sketsa Gambar Masjid untuk Diwarnai

Gambar masjid di atas sangat mudah dibuat karena kerangkanya hanya berbentuk persegi panjang. Gambar ini juga mudah untuk diwarnai karena tidak mengandung detail-detail kecil yang rumit.

  • Gambar Masjid untuk Diwarnai II

Sketsa Gambar Masjid untuk Diwarnai 2

Jika tidak ingin menggunakan penggaris dalam membuat sketsa, maka kamu boleh mencoba gambar yang satu ini. Pasalnya, gambar ini tidak membutuhkan tepi-tepi lurus untuk membangun setiap sisinya.

Sketsa Gambar Masjid Nabawi

  • Gambar Masjid Nabawi I

Sketsa Gambar Masjid Nabawi

Bagi para kaum muslim, mungkin sudah tidak asing lagi dengan gambar masjid di atas. Masjid Nabawi hadir dalam balutan sketsa yang estetik dan goresan pena penuh realistis.

Agar bisa membuat gambar seperti di atas, kamu bisa menggunakan pensil yang memiliki daya arsir berkualitas.

  • Gambar Masjid Nabawi II

Sketsa Gambar Masjid Nabawi

Sketsa Masjid Nabawi di atas memang terlihat sederhana dan tidak terlalu membutuhkan bantuan penggaris dalam pembuatannya. Meskipun demikian, sketsa di atas cukup sulit untuk dibuat karena lebih berfokus pada teknik arsir.

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak TK

  • Gambar Masjid untuk Anak TK I

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak TK

Masih dengan nuansa masjid yang dominan dengan menara, gambar di atas bisa dijadikan acuan untuk menggambar anak TK.

Walaupun terlihat seperti gambar 3D, namun gambar di atas sangat mudah dibuat meskipun tanpa penggaris.

  • Gambar Masjid untuk Anak TK II

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak TK 2

Walaupun terlihat simpel, namun gambar sketsa masjid di atas sangat unik karena terlihat lebar dengan bentuk kubah yang besar. Tidak lupa, ada menara yang semakin memperindah tampilan dari masjid ini.

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak SD

  • Gambar Masjid untuk Anak SD I

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak SD

Sketsa masjid di atas cukup megah dengan empat buah kubah yang menjadi atapnya. Terlihat, ada banyak pintu yang ditempatkan pada bagian depan, samping, dan atas untuk akses keluar dan masuk.

  • Gambar Masjid untuk Anak SD II

Sketsa Gambar Masjid untuk Anak SD 2

Apakah kamu sedang membutuhkan gambar yang mudah dibuat tanpa harus menggunakan pengganti?

Jika iya, maka gambar di atas sangat tepat untuk dipilih karena tidak menggunakan nuansa persegi atau kotak pada setiap pintu atau jendelanya.

Sketsa Gambar Masjid Megah

  • Gambar Masjid Megah I

Sketsa Gambar Masjid Megah

Gambar masjid di atas sangat megah karena dibangun dengan bentuk kubah yang sangat besar di bagian tengahnya. Di bagian depan, terlihat ada beberapa pilar yang menyangga masjid agar semakin kokoh.

Selain itu, pintu masuknya hanya dibuat satu saja, namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Sketsa masjid ini terlihat seperti asli karena menggunakan teknik menggambar 3D.

  • Gambar Masjid Megah II

Sketsa Gambar Masjid Megah 2

Gambar sketsa masjid di atas sangat megah dan cenderung menitikberatkan pada teknik arsir. Dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi untuk membuat gambar yang penuh detail kecil seperti sketsa masjid di atas.

Pastinya, gambar di atas cocok dipilih oleh kamu yang sudah berpengalaman dalam menggambar sketsa.

Gambar Masjid Kartun Berwarna

  • Gambar Masjid Kartun Berwarna I

Gambar Masjid Kartun Berwarna

Bukankah sketsa di atas terlihat sangat menarik karena berkonsep kartun? Gambar tersebut mirip seperti di dalam film-film animasi yang tidak kaku dan sangat imajinatif.

Apalagi dengan tambahan lampu taman dan pohon pisang di sisi kiri dan kanannya, maka sketsa ini terlihat lebih menggemaskan.

  • Gambar Masjid Kartun Berwarna II

Gambar Masjid Kartun Berwarna 2

Satu lagi gambar masjid kartun yang bisa kamu amati. Gambar di atas sangat unik karena kubah masjidnya berwarna ungu.

Tentunya, gambar di atas tidak sulit untuk dijadikan contoh karena hanya perlu menggunakan teknik menggaris dan mewarnai untuk bisa membuatnya.

Cara Menggambar Masjid

Dalam membuat sketsa masjid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar bisa membuatnya dengan baik, simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan Peralatan Menggambar

Langkah pertama yaitu menyiapkan peralatan menggambar. Beberapa peralatan yang diperlukan meliputi pensil 2b, 3b, atau 4b (sesuai kebutuhan), buku gambar, penggaris, buku gambar, dan penghapus.

  • Buat Pola Masjid

Ada beberapa pola yang bisa digunakan untuk mengawali pembuatan sketsa masjid. Misalnya seperti persegi atau persegi panjang.

Kemudian, buatlah jendela dan pintunya sesuai keinginan. Kamu bisa menggunakan bentuk persegi dengan sudut atau tanpa sudut.

  • Tambahkan Menara

Membuat menara tidaklah sulit karena kamu hanya perlu menggambar persegi panjang dengan lebar yang terbatas. Jangan buat terlalu tinggi, namun juga jangan terlalu pendek. Buatlah sedikit lebih tinggi dari kubah masjid utama.

  • Warnai dengan Warna yang Tepat

Langkah berikutnya adalah mewarnai gambar. Pada dasarnya, mewarnai sketsa ini sifatnya opsional karena bisa menggunakan arsir biasa atau pensil warna.

Jika gambarnya menggunakan detail-detail kecil yang rumit, maka tidak perlu menggunakan pewarna pensil.

Membuat sketsa gambar masjid tidak akan sulit karena memiliki referensi yang mudah untuk dipahami. Dengan begitu, maka gambar yang kamu buat bisa lebih menarik dan unik.

Akhir Kata

Itulah berbagai ragam contoh sketsa gambar masjid indah dan mewah yang mudah dibuat. Semoga bermanfaat dan selamat menggambar.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply