Sketsa Gambar Pemandangan Alam Indah dan Mudah Dibuat

Sketsa gambar pemandangan alam banyak dicari untuk dijadikan sebagai referensi. Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak objek pemandangan yang bisa dipilih untuk digunakan sebagai bahan menggambar.

Beberapa contohnya mulai dari pemandangan alam hingga pemandangan buatan.

Membuat sketsa tema pemandangan sering dianggap sulit oleh banyak orang. Namun, dengan adanya referensi, maka akan sangat membantu kamu dalam membuat objek gambar yang menarik dan estetik.

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan

pada dasarnya, menggambar tidak perlu dibuat pusing karena ini merupakan cara yang tepat untuk refleksi sekaligus mengasah daya imajinasi.

Sketsa pemandangan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, meliputi gambar pemandangan alam, gambar 2 dimensi, gambar rumah, dan lain-lain. Jika sudah penasaran, mari simak contoh gambarnya di bawah ini:

1. Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Berikut adalah sketsa untuk gambar pemandangan alam yang indah dan mudah digambar:

a. Sketsa Gambar Pemandangan Gunung

Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Bukankah gambar gunung ini terlihat sangat sederhana? Meskipun demikian, hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena gambar ini sangat mudah dibuat.

Saat masih kecil, mungkin kamu sering menggambar model gunung yang demikian karena tidak memerlukan teknik yang sulit.

Selain gunung, ada pula sepetak sawah dan gunung yang semakin membuat gambar ini terlihat sangat berkesan.

b. Sketsa Gambar Pemandangan Pantai

Sketsa Gambar Pemandangan Alam 2

pemandangan pantai memang lekat dengan nuansa laut dan pohon kelapa. Pohon kelapa berbentuk miring karena digambarkan seperti terbawa oleh angin laut.

Jika diamati dengan saksama, gambar di atas menerapkan teknik arsir yang cukup dominan. Oleh karena itu, tidak heran jika gambar ini nampak sangat realistis.

c. Sketsa Gambar Pemandangan Laut

Sketsa Gambar Pemandangan Laut

Pemandangan laut di atas sangat menawan karena menggambarkan waktu sedang senja. Pohon kelapa yang menjadi simbol dari tempat ini terlihat tertiup angin dan menghadap ke laut.

Terlihat pula ada gumpalan awan di bagian atas, menandakan kalau cuaca sedang cerah dan matahari akan segera berkembang.

Ada Juga, Sketsa Kupu-Kupu Lucu dan Indah Terlengkap yang mudah dibuat oleh pemula sekalipun.

d. Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut

Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut

Sketsa pemandangan bawah laut adalah gambar yang mengagumkan karena melukiskan tentang fenomena alam di dasar lautan.

Dalam membuat sketsa jenis ini, kamu bisa menyertakan terumbu karang, ikan kecil, ikan besar, atau hewan laut lainnya seperti pemandangan yang sudah diperlihatkan di atas.

e. Sketsa Gambar Pemandangan Sederhana

Sketsa Gambar Pemandangan Sederhana

Gambar di atas menampakkan sketsa pemandangan yang sederhana berupa pedesaan. Pada gambar tersebut juga terdapat arus sungai yang mengalir cukup lebar di dekat pemukiman warga.

Jika ingin membuat gambar seperti ini, kamu perlu menerapkan teknik arsir yang sederhana.

f. Sketsa Gambar Pemandangan Berwarna

Sketsa Gambar Pemandangan Berwarna

Gambar pemandangan di atas cukup berbeda dengan sketsa lain yang telah disebutkan karena lebih berorientasi pada segi pewarnaan.

Jika kamu ingin membuat gambar yang demikian, maka buatlah pola yang sedikit lebar agar mudah dalam memberi warna. Kamu bisa menggunakan jenis pewarna crayon untuk menimbulkan kesan yang full color.

g. Sketsa Gambar Pemandangan Flora dan Fauna

Sketsa Gambar Pemandangan Flora dan Fauna

Bagi kamu yang tumbuh di pedesaan, pemandangan di atas mungkin dapat mengingatkan pada masa kecil yang sering bermain di alam bebas.

Seperti yang terlihat di atas, ada petani yang membawa cangkul, namun sedang beristirahat. Ada pula seekor sapi yang tengah memakan rumput di ladang yang luas.

Pemandangan khas wilayah pegunungan ini dapat kamu gambar dengan praktis di buku gambar milikmu.

h. Sketsa Gambar Pemandangan Alam Air Terjun

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Air Terjun

Sketsa pemandangan yang berikutnya adalah air terjun di pedesaan. Gambar air terjun di atas sangat sederhana dan tidak menimbulkan kesan realistis.

Meskipun demikian, diperlukan pemahaman dan konsentrasi untuk membuat gambar yang lebih baik lagi.

Gambar air terjun di atas cocok digunakan sebagai contoh bagi anak-anak yang baru belajar mengenal pemandangan alam.

Kamu bisa menambahkan beberapa awan di atasnya untuk menambahkan kesan naturalis pada air terjun tersebut.

i. Sketsa Gambar Pemandangan Terindah

Sketsa Gambar Pemandangan Terindah

Jika diamati dengan saksama, pemandangan di atas sangat asri dan membuat kita terkagum-kagum dalam menyaksikannya.

Meskipun tergolong sebagai gambar pemandangan terindah, namun gambar ini tidak sulit untuk dibuat, termasuk bagi kamu yang baru belajar menggambar.

j. Sketsa Gambar Pemandangan Alam Pedesaan

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Pedesaan

Pada gambar sketsa pemandangan di atas, terlihat beberapa rumah warga yang membelakangi pegunungan. tidak sulit untuk menggambar seperti objek di atas karena sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di buku gambar kesayanganmu.

k. Sketsa Gambar Pemandangan Sawah

Sketsa Gambar Pemandangan Sawah

Apa yang kamu pikirkan saat diminta untuk menggambar area persawahan? Sawah memang identik dengan padi atau tanaman lainnya yang ditanam di area yang luas.

Ada pula gubuk yang dijadikan sebagai tempat istirahat bagi para petani ketika sudah merasa lelah dalam beraktivitas di sawah.

Jadi, bagaimana bentuk gambar pemandangan sawah sesuai versi kamu? Jika masih bingung, kamu bisa mencontoh gambar di atas untuk diterapkan dalam tugas atau PR menggambar kamu.

l. Sketsa Gambar Pemandangan Hutan

Sketsa Gambar Pemandangan Hutan

Apabila kalian sudah benar-benar pandai menggambar pohon, maka kalian dapat mengembangkannya dengan mudah dalam sebuah sketsa gambar hutan.

Dalam membuat sketsa gambar hutan seperti di atas, memang sedikit lebih sukar karena tekstur dan detailnya harus lebih disesuaikan. Dengan begitu, maka hasilnya bisa terlihat seperti panorama aslinya.

IMUT LUCU! Sketsa Gambar Kelinci Terlengkap dan Terupdate 

2. Contoh Sketsa Gambar Pemandangan 2 Dimensi

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan 2 Dimensi 2

Pemandangan di desa memang selalu berhasil menimbulkan kekaguman, terutama bagi kamu yang mungkin sudah lama tinggal di kota.

Dari gambarnya saja, sudah seperti bisa merasakan atmosfer kesejukan pada kawasan yang asri tersebut.

Agar bisa menggambar pemandangan yang indah seperti di atas, kamu bisa menerapkan teknik arsir. Tidak lupa, tonjolkan efek naturalis agar gambarmu nampak terkesan lebih hidup.

3. Sketsa Gambar Pemandangan Rumah

Sketsa Gambar Pemandangan Rumah

Gambar pemandangan rumah di atas terkesan lebih modern. Ada jalanan yang menghubungkan antar rumah warga, sehingga tidak lagi terjal. Terlihat pula rumah penduduk yang saling berjajar dengan pepohonan di kanan-kirinya.

Membuat pemandangan seperti gambar di atas tidak sulit untuk dilakukan. Kamu juga bisa mewarnainya sesuai selera.

4. Sketsa Gambar Pemandangan Berwarna

Sketsa Gambar Pemandangan Berwarna

Sketsa berbentuk pemandangan yang berikutnya menampakkan unsur alam, yang mana terlihat gunung-gunung berjejeran lengkap dengan sawah, sungai, dan gubuk sebagai objek yang meramaikannya.

Agar bisa membuat gunung seperti di atas, kamu perlu menerapkan teknik gradasi antara warna biru tua dan putih. Tidak lupa, tebalkan garis tepinya untuk menimbulkan kesan kontras.

5. Sketsa Gambar Pemandangan Malam Hari

Sketsa Gambar Pemandangan Malam Hari

Bukankah gambar pemandangan malam hari di atas terlihat sangat sederhana? Hal ini memang benar karena hanya ada empat buah objek dalam karya tersebut, yakni ranting, bulan, dan dua burung.

Kamu juga tidak perlu pewarna yang banyak karena yang dibutuhkan hanya warna biru tua, biru muda, dan biru langit.

Adapun untuk bagian bulan tidak perlu diwarnai, jadi dibiarkan saja karena sudah seperti memancarkan sinar meskipun tidak mendapat sentuhan pewarna.

Sketsa gambar pemandangan di atas sangat bervariasi dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan teknik arsir atau teknik mewarnai sesuai dengan karakteristik objek yang digambar.

Disamping itu, kamu juga bisa melihat juga sketsa gambar batik Indonesia terbaik & terlengkap di sini.

Akhir Kata

Nah, itulah berbagai ragam sketsa gambar pemandangan alam indah yang mudah dibuat. Semoga bermanfaat dan selamat menggambar.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply