Berikut Tulisan Arab Waalaikumsalam yang Baik dan Benar

Tulisan Arab waalaikumsalam merupakan jawaban dari ucapan assalamualaikum. Kalimat itu harus diucapkan ketika seseorang mengucapkan salam.

Jadi bisa diartikan sebagai ucapan untuk saling mendoakan agar sama-sama diberikan keselamatan.

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari tulisan Arab waalaikumsalam lengkap dengan maknanya serta beberapa pendapat dari para ulama. Jadi bisa mengetahui lebih lanjut bagaimana pengucapan yang benar dan apa saja faedah yang didapatkan.

Arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam

Berikut contoh lafadz arabnya berdasarkan kaidah arab yang  benar.

  • Tulisan Arab Waalaikumsalam yang Benar

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  • Tulisan Arab Waalaikum Salam yang Benar

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  • Makna Ucapan Salam

Makna ucapan salam sebenarnya ada sangat banyak dan bisa diartikan menjadi beberapa poin berikut ini.

#1. Menjalin Persatuan

Tulisan Arab waalaikumsalam dan assalamualaikum diucapkan karena seseorang harus menjalin persatuan dengan banyak umat. Persatuan ini sangat penting karena akan digunakan untuk kehidupan mereka di masa depan.

Seperti yang diketahui bersama jika assalamualaikum adalah kata-kata diucapkan sebagai awal mula dari pertemuan dengan banyak orang. Dengan mengucapkan itu, artinya kita sudah menghormati orang yang ditemui tersebut.

Ucapan salam ini bisa diberikan kepada sesama muslim ataupun kepada umat yang lain. Jadi tidak ada pembatasan yang diberlakukan meski ucapan yang diberikan kepada non muslim akan sedikit berbeda. Tetapi, maknanya sama yaitu ingin sama-sama menjalin persatuan.

#2. Saling Mendoakan

Arti dari ucapan assalamualaikum dan juga waalaikumsalam adalah doa. Kita sama-sama mendoakan keselamatan pada orang yang mengucapkan dan juga orang yang menjawab kalimat tersebut.

Artinya seseorang bisa dengan mudah saling mendoakan agar sama-sama selama dalam dunia dan akhirat. Itu akan akan selamat atau mendoakan agar seseorang selama akan sama-sama memberikan keberkahan dan juga mendapatkan pahala.

Mendoakan ini adalah sesuatu yang sangat penting karena akan memberikan keselamatan. Jadi lakukan dengan baik untuk menghindari berbagai bencana ataupun hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika tulisan Arab waalaikumsalam dan assalamualaikum diucapkan ketika akan pergi.

#3.Mendapatkan Berkah dari Allah

Mendapatkan keberkahan dari Allah juga merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Segala hal yang dilakukan selalu menginginkan keberkahan yang nantinya akan membuat kehidupan menjadi lebih baik.

Itulah kenapa ucapan assalamualaikum dilakukan bersamaan dengan waalaikumsalam agar semuanya sama-sama mendapatkan berkah. Jadi dalam dunia maupun akhirat bisa selamat dan selalu berada di jalan Allah.

#4. Ucapan Syukur pada Allah

Ucapan syukur kepada Allah juga merupakan salah satu makna dari hadapan waalaikumsalam dan juga assalamualaikum.

Kita selalu bersyukur karena mendapatkan pahala yang sangat besar dan juga diberikan keselamatan yang sangat penting.

Dengan rutin mengucapkan syukur kepada Allah, maka seseorang akan menjadi hamba yang sangat taat dan juga pasrah. Jadi apapun yang dilakukan memang benar-benar ditujukan untuk Allah dan mengharap keberkahannya.

Bersyukur bisa dilakukan tidak hanya ketika seseorang mendapatkan rezeki yang banyak seperti uang. Mendapatkan rezeki berupa kesehatan juga merupakan sesuatu yang sangat besar sehingga rasa syukur juga harus diucapkan.

#5. Ucapan Pasrah

Mengucapkan assalamualaikum dan jawaban assalamualaikum juga merupakan bagian dari berserah diri atau pasrah. Seseorang akan pasrah terhadap apa yang dia lakukan selama berada di jalan Allah.

Dia memang tetap berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik, tetapi dia juga pasrah terhadap apa yang akan terjadi nantinya. Karena berbagai hal bisa saja terjadi apabila Allah menginginkannya.

Kepasrahan ini adalah bagian dari keimanan karena umat akan selalu menyerahkan dirinya kepada Allah. Sebesar apapun usaha jika belum diberkati maka akan tidak sesuai dengan keinginan. Karena Allah bisa membolak-balikkan segala keadaan dengan cepat.

#6. Sebagai Penawar Penyakit Hati

Selain digunakan untuk memberikan keselamatan baik dalam dunia dan akhirat, ternyata tulisan Arab waalaikumsalam dan assalamualaikum juga digunakan sebagai penawar penyakit hati yang sangat mengerikan.

Dengan rutin mengucapkannya, berbagai jenis penyakit hati yang berbahaya bisa segera dihapuskan. Jadi hidup bisa menjadi lebih baik dan tidak akan membuat seseorang lebih mudah terkena masalah dalam kehidupannya.

Jika mengucapkan salam, maka kita akan berusaha untuk berbuat baik kepada orang lain. Seseorang yang awalnya ingin berbuat buruk akan berubah pikiran sehingga mereka tidak akan melakukan itu.

Cara Pengucapan dan Penulisan Salam

Setelah paham bagaimana tulisan Arab waalaikumsalam, maka perlu untuk bisa mengucapkannya dengan baik dan benar juga, berikut penjelasannya:

  • Hukum / Pendapat Tentang Peringkasan Salam

Ada dua hukum atau pendapat tentang peringkasan salam yang dilakukan seseorang ketika mereka sedang bercakap atau chatting.

Ringkasan ini sering sekali dilakukan oleh beberapa orang untuk mempersingkat percakapan yang sedang dijalankan.

Percakapan salam yang diringkas bisa dilakukan, asalkan maknanya tetap sama. Jadi bukan ditujukan untuk hal yang lain atau simbol-simbol yang buruk. Jadi maknanya tetap sama memberikan salam tidak ada masalah dan boleh dilakukan oleh siapapun.

Namun, beberapa ulama juga memberikan saran untuk tidak melakukan itu dan lebih baik untuk memberikan salam dalam ukuran yang panjang. Paling tidak hanya dengan mengucapkan assalamualaikum dan tidak perlu mengucapkan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Sikap Jika Non-Muslim Mengucapkan Salam

Hubungan baik antar umat beragama memang harus dijunjung tinggi. Jika mereka mengucapkan salam terlebih dahulu dengan harapan untuk saling menghormati, kita bisa menjawabnya tanpa harus mengucapkan tulisan Arab waalaikumsalam.

Ucapan yang bisa kita ucapkan adalah wa alaika. Sementara itu jika sesama muslim saling memberikan salam jawabannya adalah waalaikumsalam atau untuk versi yang lebih lengkap adalah waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Jadi perhatikan dengan baik agar sama-sama mendapatkan keberkahan. Kamu tetap bisa menghargai orang yang bukan sesama umat tetapi masih dalam aturan yang berlaku. Jika sama-sama menguntungkan kenapa harus dihindari?

  • Hadits-Hadits Tentang Salam

Ucapan salam yang dilakukan oleh seseorang ternyata memiliki hadisnya tersendiri. Selain anjuran sesuai dengan Alquran ternyata ada beberapa hadis yang mengatakan jika mengucapkan salam ataupun menjawab salam adalah sesuatu yang sangat penting.

Berikut beberapa hadits yang bisa diikuti dan menjadi dasar kita semua untuk terus diamalkan:

وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {السَّلَامُ قَبْلَ الْكَلاَمِ}.

Nabi saw. bersabda, “Salam itu sebelum perkataan.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari sahabat Jabir r.a. Imam An-Nawawi mengatakan bahwa sunnahnya adalah seorang muslim itu memulai dengan mengucapkan salam sebelum berkata.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ بَدَأَ بِالْكَلَامِ قَبْلَ السَّلَامِ فَلَا تُجِيْبُوْهُ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang memulai dengan perkataan sebelum salam, maka janganlah kalian menjawab salamnya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabarani dari sahabat Ibnu Umar r.a.

Imam An-Nawawi Al-Bantani mengatakan bahwa hadits ini merupakan motivasi untuk mengucapkan salam dan tidak meninggalkannya.

Gambar Assalamualaikum (Kaligrafi)

Tulisan Arab Waalaikumsalam

Tulisan Arab Waalaikumsalam 2

Tulisan Arab Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Tulisan Arab Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Tulisan Arab waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh kisah ditulis secara lengkap ataupun secara singkat. Untuk tulisan yang lengkap bisa menggunakan tulisan ini:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sementara itu yang pendek bisa menggunakan yang berikut ini:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ

Kamu bisa menggunakan salah satu yang paling mudah untuk digunakan asalkan tidak disingkat seperti pada chatting. Karena arti dari kata tersebut merupakan doa yang sangat besar dan harus diucapkan.

Ucapan Bahasa Arab Lainnya

Memahami ucapan bahasa Arab yang lain juga sangat penting karena mau bagaimanapun kita adalah muslim. Selain bisa membaca tulisan Arab karena sudah belajar mengaji dari kecil, muslim juga harus tahu bagaimana makna dari ucapan tersebut.

Untuk mengetahui ucapan bahasa Arab lain yang biasanya sering digunakan sehari-hari bisa disimak dalam artikel di bawah ini:

  • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wabarakatuhu)
  • وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wa’alaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh)
  • وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb)
  • اَللّهُ اَكْبَرُ (Allahu Akbar)
  • اَللّهُ (Allah)
  • اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن (Amin Ya Rabbal ‘Alamin)
  • أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم (Ta’awwuz: A’udzubillahi minas syaito nirrojim)
  • بِسْمِ اللّهِ الرَّالرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ (Bismillahir rahmanir rahim)
  • حَلاَلً (Halal)
  • حَرَامٌ (Haram)
  • اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ (Insya Allah)
  • اَهْلاًوَسَهْلاً (Ahlan wa sahlan)
  • اَلْحَمْدُلِلّهِ (Alhamdulillah)
  • الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن (Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin artinya Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam)
  • آمِّينَ (Amin)
  • اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ (Astaghfirullah hal adzim)
  • بَارَكَ اللّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرِ (Do’a untuk Pengantin)
  • اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ (Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun)
  • جَزَاكِ اللّهُ (Jazakillah)
  • جَزَاكَ اللّهُ (Jazakallah)
  • جَزَاكُمُ اللّهُ(Jazakumullah)
  • مَاشَآءَاللّهُ (Masya Allah)
  • لاَحوْلَ وَلاَ قُوَّة اِلاَّبِاللّهِ (Laa haula wa laa quwwata illa billah)
  • لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ (Laa ilaaha illallah)
  • سُبْحَانَ اللّهُ (Subhanallah)
  • اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، وَلِلّهِ الْحَمْدُ (Takbiran = Allahu Akbar)
  • تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ (Taqabal ya kariim)
  • تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَامَنَا وَ صِيَامَكُمْ (Taqabalallahu minna wa minkum siyamanan wa siyamakum)
  • وَ اِيَّاكُمْ (Wa iyyakum)
  • مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَائِزِيْ (Minal Aidzin Walfaidzin)
  • مَرْحَبًا يَا رَمَضَان (Marhaban ya Ramadhan)
  • اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّد (Salawat atas Nabi Muhammad)
  • عيد فطر مبارك (Idul Fitri Mubarak = Lebaran)
  • عيد الأضحى (Idul Adha)
  • بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ (Doa sebelum tidur = Bismika Allahumma Ahya Wa Amut)
  • سُبْحَانَ اللَّهِ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ اللَّهُ أَكْبَرُ (Subhanallah walhamdulillah wala ila ha illauloh Allahu akbar)
  • القرآن (Al-Qur’ an)
  • لَيْلَةِ الْقَدْرِ (Lailatul Qadar)
  • صوم (Shaum = Puasa)
  • تَرْوِيْحَةٌ (Tarawih)
  • صلاة (Salat)
  • المسجد (Masjid)

Kesimpulan Tulisan Arab Waalaikumsalam

Tulisan Arab waalaikumsalam menjadi sangat penting karena akan menjadi jawaban dari berbagai jenis doa yang berhubungan dengan keselamatan.

Jadi ada baiknya untuk selalu menjawab apapun yang diucapkan oleh orang lain agar mendapatkan keberkahan yang sangat besar.

Semoga bermanfaat, Aamiin ya Robbal Aalamiin 🤲

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply