Baru! Contoh Sketsa Gambar Bunga yang Cantik dan Indah

Sketsa Gambar Bunga – Bagi kamu yang suka menggambar pasti sudah tidak asing dengan kegiatan membuat sketsa. Aktivitas ini dilakukan untuk memudahkan proses melukis sebuah objek agar hasilnya lebih realis.

Misalnya saja pembuatan sketsa gambar bunga yang sering dilakukan ketika hendak melukis objek berupa bunga.

Bunga memang sering dijadikan objek untuk menggambar ataupun melukis karena bentuknya yang cantik. Selain itu jenis dari bunga juga beragam dan masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi untuk menggambar bunga. Dibawah ini disajikan beberapa contoh sketsanya.

Contoh Sketsa Gambar Bunga

Contoh Sketsa Gambar Bunga

Dengan menggunakan peralatan yang sederhana seperti pensil dan kertas, kamu bisa mulai menggambar sketsa bunga dengan indah.

Dimulai dengan membuat garis-garis tipis kemudian jika bentuknya sudah sempurna kamu bisa menebalkan garis tersebut dan menambahkan detail agar lebih realis.

Kegiatan menggambar juga sangat baik untuk anak-anak agar merangsang perkembangan motorik dan otak. Sebaiknya pilih objek gambar yang mudah dan menarik.

Misalnya saja dengan mengajarkan anak-anak cara membuat sketsa bentuk bunga kemudian mewarnainya sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa contoh sketsa bunga yang cantik dan mudah untuk digambar. Diantaranya adalah:

1. Sketsa Gambar Bunga Mawar

Banyak pelukis yang menjadikan bunga mawar sebagai objek gambar. Bunga mawar memiliki kelopak yang sangat indah selain itu jenisnya pun beragam. Tak hanya bunga mawar merah saja, ada juga mawar kuning, pink, dan putih.

Agar hasil sketsa tampak lebih artistik, kamu bisa menambahkan batang serta daun pada sketsa mawar yang sudah dibuat.

Berikut ini adalah contoh dari sketsa bunga mawar yang bisa kamu jadikan acuan saat akan menggambar bunga yang indah tersebut.

  1. Sketsa Gambar Bunga Mawar
  2. Sketsa Gambar Bunga Mawar

2. Sketsa Gambar Bunga Matahari

Bunga dengan warna cantik ini juga kerap dijadikan sebagai objek lukisan maupun gambar. Struktur dari bunga ini cukup sederhana sehingga mudah untuk digambar sketsanya.

Kesulitannya ada pada pembuatan kelopak bunga matahari yang cukup banyak jumlahnya.

Agar hasil sketsa tampak lebih bagus, kamu bisa menambahkan tangkai serta beberapa helai daun.

Untuk memudahkan proses pembuatan sketsa bunga matahari kamu bisa mengamati bunga tersebut secara langsung atau dengan melihat contoh dibawah ini.

  1. Sketsa Gambar Bunga Matahari
  2. Sketsa Gambar Bunga Matahari 2

3. Sketsa Gambar Bunga Sakura

Tidak ada yang meragukan keindahan bunga yang identik dengan negara Jepang ini. Maka tak salah jika banyak yang menjadikan bunga sakura sebagai objek lukisan maupun sekedar menggambar sketsa.

Walaupun bentuk dari bunga ini cukup kecil dan bergerombol, namun untuk membuat gambar sketsanya cukup mudah.

Struktur dari bunga sakura sederhana dengan kelopak yang tidak penuh. Adapun contoh dari sketsa bunga sakura adalah sebagai berikut.

  1. Sketsa Gambar Bunga Sakura
  2. Sketsa Gambar Bunga Sakura 2

4. Sketsa Gambar Bunga Teratai

Ada banyak tanaman unik yang tumbuh di Indonesia dan salah satunya adalah teratai. Bunga yang memiliki kelopak yang cukup besar dan bertumpuk ini memang sangat indah.

Warnanya pun menawan sehingga banyak dijadikan koleksi hiasan oleh penggemar bunga.

Membuat sketsa bunga teratai tidaklah sulit jika kamu memulai dengan menggambar kelopak paling bawah.

Selanjutnya buat kelopak pada lapisan kedua hingga kelopak bagian dalam dan jadilah gambar teratai yang indah seperti gambar dibawah ini.

  1. Sketsa Gambar Bunga Teratai
  2. Sketsa Gambar Bunga Teratai 2

5. Sketsa Gambar Bunga Melati

Melati menjadi salah satu jenis bunga dengan struktur yang sederhana. Bentuk dari bunga ini hampir sama dengan mawar. Hanya saja jumlah kelopaknya lebih sedikit.

Sketsa bunga melati biasa dibuat dengan tangkai dan daunnya.

Selain gambar melati saat mekar, kuncup melati pun menjadi objek lukisan yang sangat indah. Dibawah ini adalah contoh sketsa dari bunga yang identik dengan warna putih ini.

  1. Sketsa Gambar Bunga Melati
  2. Sketsa Gambar Bunga Melati 2

6. Sketsa Gambar Bunga Tulip

Jika kamu ingin mencari gambar kuncup bunga yang mudah dibuat sketsanya, maka tulip menjadi objek gambar yang tepat. Kuncup bunga tulip memiliki bentuk yang simple.

Sementara untuk menggambar tulip mekar, kamu harus membuat sketsa kelopak bunganya yang menyerupai mangkok.

Daun bunga tulip yang menjalar membuat sketsa bunga yang dikenal dari negara Belanda ini tampak semakin mempesona.

Dibawah ini adalah contoh sketsa bunga tulip yang bisa kamu jadikan inspirasi ketika ingin melukis tulip.

  1. Sketsa Gambar Bunga Tulip
  2. Sketsa Gambar Bunga Tulip 2

7. Sketsa Gambar Bunga Anggrek

Ada banyak jenis bunga anggrek yang tumbuh di Indonesia dengan warna yang sangat indah. Selain itu anggrek juga mudah dibudidayakan dan banyak dijual di florist.

Jadi jika kamu kesulitan menemukan anggrek di sekitar rumah, bisa membelinya di toko bunga dan tinggal pilih jenis anggrek yang diinginkan.

Untuk menggambar bunga ini memang butuh ketelitian yang tinggi. Karena strukturnya yang detail dengan benang sari yang menjuntai serta kelopak yang bertumpuk. Adapun contoh sketsa anggrek adalah sebagai berikut.

  1. Sketsa Gambar Bunga Anggrek
  2. Sketsa Gambar Bunga Anggrek 2

8. Sketsa Gambar Bunga Kamboja

Walaupun identik dengan kematian, tak bisa dipungkiri jika bunga kamboja memiliki kelopak yang indah. Struktur bunga ini juga sederhana, sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar menggambar bunga dengan bentuk yang tidak rumit.

Kamboja merupakan jenis bunga yang bisa hidup di jenis lingkungan apapun. Tak heran jika bunga ini bisa ditemui di negara mana saja.

Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar bunga kamboja yang sederhana tapi tetap cantik.

  1. Sketsa Gambar Bunga Kamboja
  2. Sketsa Gambar Bunga Kamboja 2

9. Sketsa Gambar Bunga Sepatu

Bunga yang sering ditemui di pekarangan rumah ini memiliki bentuk yang unik dan warna yang indah. Kelopaknya melebar kebawah sementara bagian benang sarinya menjuntai ke atas.

Keunikan lainnya ada pada bentuk daun yang menyirip dan bergerigi.

Membuat sketsa bunga sepatu tidaklah rumit selama menggunakan cara yang benar. Yaitu dengan membuat bagian tengah bunga terlebih dulu dilanjutkan dengan menggambar kelopak bunga.

Contoh sketsa bunga sepatu yang indah adalah sebagai berikut.

  1. Sketsa Gambar Bunga Sepatu
  2. Sketsa Gambar Bunga Sepatu 2

10. Sketsa Gambar Bunga Sederhana

Mengapa anak-anak lebih senang membuat gambar bunga dibandingkan dengan objek lainnya? Ini karena bentuk bunga cukup sederhana dan contohnya banyak ditemui di kehidupan nyata.

Jika ingin mengajarkan anak menggambar, mulailah dengan membuat gambar bunga sederhana.

Bunga sederhana memiliki bagian yang lengkap mulai dari kelopak, tangkai hingga daun seperti contoh dibawah ini.

  1. Sketsa Gambar Bunga Sederhana
  2. Sketsa Gambar Bunga Sederhana 2

11. Sketsa Gambar Bunga Cantik

Meskipun sketsa bunga terlihat sederhana. Namun jika ditambah dengan detail daun, benang sari, dan tangkai, hasilnya akan sangat indah.

Apalagi jika diberi warna yang sesuai, gambar dari bunga tersebut akan tampak lebih hidup.

Ada banyak contoh gambar bunga cantik yang bisa kamu ditemukan di internet maupun buku. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

Sketsa Gambar Bunga Cantik

12. Sketsa Gambar Bunga Hitam Putih

Jenis sketsa ini kerap dibuat sebagai gambaran saat akan melukis objek bunga yang indah. Untuk membuat sketsa bunga hitam putih, peralatan yang diperlukan cukup sederhana yaitu kertas, pensil, dan penghapus.

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat gambar bunga hitam putih. Dibawah ini ada satu contoh sketsa yang bisa dijadikan inspirasi.

Sketsa Gambar Bunga Hitam Putih

13. Sketsa Gambar Bunga Raflesia

Bunga yang dikenal memiliki aroma yang tak sedap ini merupakan tanaman khas Indonesia. Bunga raflesia hanya bisa tumbuh di tempat tertentu termasuk Indonesia yang beriklim tropis.

Bunga ini cukup besar bentuknya dan terus akan berkembang hingga mati dengan sendirinya.

Menggambar sketsa bunga raflesia juga terbilang mudah karena struktur bunga ini yang sederhana. Gambar sketsa mudah bunga raflesia seperti yang dicontohkan di bawah ini.

Sketsa Gambar Bunga Raflesia

14. Sketsa Gambar Bunga Dalam Pot

Bunga dan pot merupakan pelengkap satu sama lain. Alasan bunga ditanam dalam pot adalah agar mudah dipindahkan serta supaya tertata dengan rapi.

Bentuk dan ukuran pot kini beragam. Ada yang terbuat dari atom, tanah liat, hingga keramik.

Menggambar bunga dalam pot cukup mudah dan simple. Kamu bisa buat sketsa hitam putih maupun berwarna. Adapun contohnya seperti sketsa di bawah ini.

Sketsa Gambar Bunga Dalam Pot

15. Sketsa Bunga Sederhana dan Mudah

Menggambar sebuah bunga pada dasarnya sangat sederhana. Bunga dalam sebuah gambar hanya terdiri dari beberapa bagian saja. Yaitu kelopak, daun, dan tangkai.

Namun jika kamu ingin membuat gambar bunga yang lebih realis, bisa tambahkan detail lainnya seperti benang sari dan kuncup bunga.

Sketsa bunga sederhana dan mudah biasa dipakai untuk mengajarkan anak cara menggambar dan mewarnai. Adapun contoh dari sketsa bunga sederhana adalah sebagai berikut:

Sketsa Bunga Sederhana dan Mudah

16. Sketsa Gambar Bunga Untuk Kolase

Selain digunakan sebagai panduan membuat lukisan, sketsa juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan berupa kolase.

Gambar bunga yang digunakan cukup sederhana agar bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis bahan.

Semakin simple sketsa bunga yang dipakai, maka semakin mudah pula pengerjaan kolase tersebut. Adapun contoh sketsa bunga untuk keperluan kolase adalah sebagai berikut:

Sketsa Gambar Bunga Untuk Kolase

Ada berbagai contoh sketsa gambar bunga yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat lukisan, gambar, maupun kolase.

Tentunya masing-masing bunga memiliki bentuk yang berbeda mulai dari kecil hingga besar. Pilih contoh bunga dengan struktur simple untuk memudahkan pembuatan sketsa nantinya.

Akhir Kata

Itulah berbagai ragam contoh sketsa gambar bunga yang unik, cantik, indah serta mudah untuk dibuat, selamat menggambar.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply