Contoh Sketsa Daun Indah yang Mudah untuk Dibuat

Sketsa Daun – Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan dengan bentuk daun yang sangat khas. Ada yang daunnya melengkung, menjalar, menjari, serta menyirip.

Untuk membuat sketsa daun dari beberapa jenis tanaman pun cukup mudah dilakukan.

Misalnya saja jika kamu ingin menggambar sketsa untuk daun pisang. Bentuknya menjalar dengan batang yang melengkung.

Hanya butuh beberapa tahapan saja gambar daun pisang sudah bisa dibuat. Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi sketsa beberapa bentuk daun. Simak beberapa contoh dibawah ini.

Sketsa Daun

Meskipun mudah untuk digambar, namun pembuatan sketsa dianggap sebagai langkah penting agar hasil gambar mendekati bentuk aslinya. Misalnya saja contoh dari sketsa dari daun talas dibawah ini.

Contoh Sketsa Daun

Gambar Sketsa Daun

  1. sketsa daun
  2. sketsa daun

Hampir sebagian besar gambar daun beberapa tanaman bentuknya sangat sederhana sehingga mudah dibuat.

Anak kecil pun bisa menggambar daun dengan gampang menggunakan peralatan yang sederhana. Misalnya saja seperti pensil, bolpoin, bahkan krayon.

Ada beberapa contoh sketsa daun yang mudah diaplikasikan dalam bentuk gambar sederhana. Diantaranya adalah:

Sketsa Daun Maple

Daun dengan struktur menjari ini memiliki bentuk yang khas. Kebanyakan orang mengenal daun ini sebagai lambang negara Kanada.

Faktanya pohon daun maple memang banyak ditemui di Kanada dan menjadi identitas negara tersebut.

Untuk kamu yang ingin mencoba sketsa dari daun maple yang indah. Dibawah ini adalah contoh sketsa dari daun maple yang bisa kamu tiru.

  1. Sketsa Daun 2
  2. sketsa daun maple 2

Sketsa Daun Hitam Putih

Jika kamu butuh materi untuk mengajarkan anak menggambar sekaligus mewarnai, maka memberikan gambar daun hitam putih menjadi cara yang tepat.

Bentuk daun yang dibuat tak perlu rumit yang terpenting memberikan pengetahuan kepada anak mengenai bentuk daun pada umumnya.

Sketsa dari daun dengan warna hitam putih ini sangat banyak jenisnya. Ada yang berupa daun menjalar, melengkung, serta menjari. Berikut ini adalah contoh gambar daun hitam putih yang sederhana dan mudah dibuat.

  1. Sketsa Daun Hitam Putih
  2. Sketsa Daun Hitam Putih2

Sketsa Daun Mangga

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang terkenal dengan rasanya yang manis. Tak hanya itu, pohon mangga juga cukup mudah ditemui karena jenis tanaman ini mudah tumbuh di negara dengan iklim tropis.

Daun buah mangga termasuk jenis daun sirip dengan bentuk menyerupai sirip ikan. Untuk membuat sketsa gambar daun mangga caranya cukup mudah. Langkah pertama, buat struktur daun seperti gambar daun pada umumnya.

Kemudian langkah kedua adalah menambahkan jari-jari daun supaya lebih realistis bentuknya.

  1. Sketsa Daun Mangga
  2. Sketsa Daun Mangga 2

Sketsa Gambar Daun Sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja untuk mengobati penyakit mata dan memperkuat gigi. Struktur dari daun sirih sangat unik menyerupai bentuk love.

Dengan begitu untuk membuat gambar daun sirih jadi lebih mudah karena tinggal membuat bentuk love kemudian jari-jari pada daun tersebut. Berikut ini adalah contoh sketsa dari daun sirih.

  1. Sketsa Gambar Daun Sirih
  2. Sketsa Gambar Daun Sirih2

Sketsa Gambar Daun Pisang

Hampir semua bagian dari pohon pisang bisa dimanfaatkan tak terkecuali daunnya. Memiliki bentuk panjang dan menjalar, daun pisang sering digunakan untuk membungkus makanan misalnya seperti jajanan pasar, nasi, tempe, dan lain sebagainya.

Daun pada pohon pisang termasuk jenis daun sejajar sehingga permukaannya cukup luas. Untuk membuat gambar daun pisang pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa mencontoh sketsa dibawah ini.

Sketsa Gambar Daun Pisang

Sketsa Daun Jati

Pasti kamu sudah tidak asing dengan jenis daun yang satu ini. terkenal memiliki aroma yang khas, daun jati kerap dipakai sebagai bungkus makanan terutama nasi.

Aroma yang dihasilkan sangat wangi sehingga membuat rasa makanan menjadi sangat enak.

Daun pada pohon jati memiliki permukaan yang kasar dan termasuk dalam jenis daun menyirip. Saat ini untuk mendapatkan daun jati tidaklah mudah karena pohonnya yang mulai langka.

Menggambar sketsa bentuk daun jati juga cukup mudah. Kamu tinggal membuat bentuk daun dan menambah jari-jari pada bagian tengah.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam menggambar daun jati. Berikut ini adalah ilustrasi sketsa dari daun jati.

Sketsa Daun Jati

Sketsa Gambar Daun Pepaya

Meski memiliki rasa yang cukup pahit, namun banyak orang yang menggemari jenis daun yang satu ini. sebenarnya rasa pahit pada daun pepaya bisa lebih dikurangi dengan proses pengolahan yang tepat.

Daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai bahan utama sebuah masakan, lalapan, serta jamu.

Sama halnya seperti daun singkong, daun pada pohon pepaya ini termasuk jenis daun menjari. Jika tidak ingin mengalami kesulitan dalam menggambar daun pepaya, perhatikan contoh sketsanya dibawah ini.

  1. Sketsa Gambar Daun Pepaya
  2. Sketsa Gambar Daun Pepaya 2

Sketsa Gambar Daun Jagung

Daun jagung yang berbentuk menjalar sering dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Selain itu daun ini juga bisa digunakan sebagai pembungkus jajanan pasar.

Aroma yang dihasilkan sangat wangi dan menambah cita rasa makanan tersebut.

Membuat sketsa berbentuk daun jagung juga tak memerlukan skill menggambar yang tinggi. Bentuk dari daun ini cukup sederhana yaitu berupa daun menjalar dengan beberapa jari pada bagian tengah daun tersebut.

Adapun contoh dari gambar daun jagung adalah sebagai berikut:

Sketsa Gambar Daun Jagung

Sketsa Daun Teh

Sebelum dikenal sebagai bahan utama pembuatan minuman, daun teh dulunya dimanfaatkan sebagai obat. Lambat laun orang semakin sering menggunakan jenis daun ini untuk menghasilkan minuman menyegarkan dengan aroma yang khas.

Sebenarnya, teh yang biasa kita seduh setiap hari tak hanya terbuat dari daun teh saja, tetapi juga dari buah serta rempah yang diolah menjadi satu bersama dengan daun teh tersebut.

Daun teh termasuk jenis daun menyirip, hampir sama dengan daun pada tanaman lain. Sebab itulah gambar dari daun teh ini sangat mudah dibuat seperti contoh dibawah ini.

Sketsa Daun Teh

Sketsa Gambar Daun Jambu

Pohon jambu menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah dibudidayakan di negara dengan iklim tropis. Maka tak heran jika pohon buah jambu mudah dijumpai di Indonesia.

Selain memiliki rasa yang enak, buah jambu juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya buahnya saja, daun dari pohon jambu juga kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare.

Bentuk dari daun jambu ini adalah menyirip dengan warna kehijauan. Untuk membuat gambar daun jambu, kamu bisa perhatikan contoh berikut ini.

Sketsa Gambar Daun Jambu

Sketsa Gambar Daun Kelor

Daun dengan sejuta manfaat ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Selain dikonsumsi secara langsung dengan cara direbus, daun kelor juga kerap dijadikan sebagai campuran produk kosmetik karena sifatnya yang berperan sebagai pelembap alami.

Bentuk dari daun kelor sama seperti daun pada tanaman lainnya yaitu menyirip. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan daunnya menggerombol.

Dibawah ini adalah contoh sketsa bentuk daun kelor yang bisa kamu jadikan acuan jika ingin menggambar daun yang identik dengan warna hijau ini.

Sketsa Gambar Daun Kelor

Sketsa Daun Kunyit

Sebagai salah satu jenis rempah-rempah, kunyit banyak dimanfaatkan sebagai campuran obat dan bahan utama pembuatan jamu.

Selain itu kunyit juga digunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat makanan semakin sedap dan memberikan warna kuning alami.

Bentuk dari daun kunyit pun cukup khas, yaitu menjalar. Hampir sama seperti daun pisang, hanya saja tidak terlalu lebar. Berikut adalah contoh sketsa dari daun kunyit.

Sketsa Daun Kunyit

Akhir Kata

Dengan mempelajari berbagai macam sketsa daun semoga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai jenis-jenis tanaman di Indonesia.

Tak hanya cantik, daun-daun tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal mulai untuk keperluan medis hingga perasa makanan.

Default image
javalaku
Javalaku, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Javalaku.com

Leave a Reply